Oilfish bukan escolar

Posted: March 28, 2012 in Uncategorized

FAMILY OF ESCOLAR

Escolar yg bernama lain lepidocybium flavobrunneum termasuk keluarga dari species gempylidae (satu keluarga dengan oil fish). Species ini hidup di laut tropical di air kedalaman 200m hingga 885m. escolar juga banyak disebut orang dengan nama snake macarel, juga sering kali disebut orang dengan nama butterfish (ikan mentega) atau white tuna (tuna putih). Banyak sekali kontroversi akan penjualan ikan escolar ini di Negara 2x luar seperti italy dan jepang, ini semua disebabkan Karen issue kesehatan yg ditimbulkan setelah mengkonsumsi ikan tersebut.

BIOLOGY

Escolar lahir dengan warna coklat dan warnanya akan berubah menjadi coklat tua dan akan menjadi hitam disaat ikan ini mencapai dewasa.ikan ini dapat mencapai ukuran 2m , escolar tidak bisa mencerna wax esters (gempylotoxin) yg terdapat di makanannya (natural diet) , oleh karena ini tubuh daripada escolar ini mengandung minyak sebanyak 14% sd 25%

HEALTH EFFECT

Kandungan wax ester yg terdapat didalam escolar ini dapat menyebabkan keriorrhea ( mengalirnya kandungan wax atau lilin disaat buang air besar), keriorrhea ini mirip dengan diare, hanya saja badan kita akan mengeluarkan kandungan minyak atau wax yg berwarna kuning sedikit kerorange, sedangkan diare mengeluarkan cairan. Banyak terdapat efek samping seperti: keram pada bagian perut, pusing pusing, muntah2x, dan mual, maupun buang air besar yg tak tertahankan. Reaksi drpd memakan ikan ini dapat dirasakan paling cepat 30 menit dan akan berlangsung selama 36 jam.
Ada 2 cara untuk mengindari keriorrhea, yg pertama adalah dengan melimitkan porsi escolar tidak lebih daripda 6 ounces, yg kedua adalah dengan mengkonsumsi escolar dari daging bagian buntut, ini dikarenakan bagian drpd buntut wax yg percentasinya jauh lebih kecil dibandingkan dengan bagian lainnya. Pemanggangan adalah cara yg terbaik untuk menurunkan percentasinya anda akan keriorrhea.

SALAH LABEL (antara escolar dengan white tuna dan albacore tuna)

Di Amerika serikat Columbia university dan american museum of natural history melakukan test tuna yg berada di restaurant di new York, denver, Colorado , mereka mendapatkan 9 restaurant yg menjadikan escolar sebagai sushi yg dilabelkan dengan nama tuna putih (white tuna) atau dengan label super white tuna.
REGULASI DAN PELARANGAN

Italia dan Jepang telah melarang penjualan escolar , ini dikarenakan efek samping yg ditimbulkan setelah mengkonsumsi ikan tersebut. Ikan escolar telah dilarang di jepang sejak 1977 , dan jepan mendeklare ikan ini beracun.
di tahun 1999 swedia memberitakan ke semua pengusaha importer ikan tentang masalah kesehatan yg bisa timbul karena mengkonsumsi ikan escolar bila tidak disiapkan dengan metode metode tertentu, dan public pun diberitahukan akan efek samping dari escolar tersebut.

Pada tahun 2007 di hong kong banyak sekali consumer yg complain akan ikan yg salah label (escolar), ditahun yg sama pemerintah hong kong menganjurkan untuk tidak menggunakan escolar untuk catering, pemerintah setempat mengharuskan label yg tertera dengan jelas, dan memberikan denda bagi yg melabelkan ikannya tidak sesuai dengan isinya. Disaat yg sama pemerintah setempat juga memberitahukan rakyatnya akan efek yg akan didapat bila mengkonsumsi ecolar maupun oilfish dan sejenisnya.

Di Amerika serikat setelah banyaknya complain akan diare setelah mengkonsumsi ikan escolar, FDA (food and drug administration) melarang import di awal tahun 1990an, namun FDA mencabut kembali larangan tersebut dan mendeclare bahwa ikan tersebut tidak beracun dan tidak mematikan.

Di tahun 2007 canada FIA (food inspection agency) menginvestigasi beberapa kasus akan diare yg disebabkan oleh mengkonsumsi ikan dengan label yg salah, namun pemerintah Canada memutuskan untuk tidak melarang penjualan escolar, hanya saja menerapkan peraturan yg mengharuskan importis atau penjual daging ikan melabelkan ikannya dengan benar, dengan hal ini tentunya sangsi juga diberlakukan bagi yg melanggar. Pemerintah Canada juga menganjurkan untuk tidak mengkonsumsi escolar seacra berlebihan, dan memberitakan cara cara tertentu untuk mempersiapkan escolar agar kandungan waxnya berkurang.

Sedangkan di Hawaii pemerintah setempat mengajukan pembuatan hukum akan larangan untuk menjual dan menagkap escolar, namun pengesahan hukum tersebut masih tertunda hingga saat ini
Kesimpulannya adalah, kita di Indonesia sering kali menyebut OILFISH dengan nama ESCOLAR, sesungguhnya yg terdapat di Indonesia adalah OILFISH bukan escolar.

Fakta dan kenyataan dari escolar maupun oilfish adalah, mereka memiliki kandungan yg sama secara biologis, kedua ikan ini sangatlah enak bila dimakan, bahkan saking enaknya sampai sampai ada orang yg rela memakannya secara berlebihan sehingga menyebabkan diare.

escolar lebih mirip dengan tuna, sedangkan oilfish walau masih satu family , namun bentuknya sangat berbeda, oilfish berwarna coklat yg disertai dengan sisik yg sangat tajam diseluruh tubuhnya , escolar bergerak dengan cepat, sedangkan oilfish bergerak dengan lambat. Walau secara biologis kandungan drpd kedua ikan ini adalah identik, namun bentuk drpd kedua ikan ini sangatlah mudah dibedakan. Escolar hidup di air 200m-885m. sedangkan oil fish hidup di air 100m-800m. (beda tipis), escolar dan oilfish keduanya dapat mencapai besar maximal 2m
Oilfish tarikannya minim sekali, namun ikan ini akan melakukan diving yg cukup dasyat disaat mengamuk. Oilfish mempunyai sisik maupun kulit yg keras, namun daginnya putih sedikit kekuning kuningan dan lembut.

escolar yg sebenarnya

OILFISHES

(Reff : KM Rachel, etc)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s